Vertigo yang Sering Kambuh Saat Tidur

Ada beberapa orang yang mungkin saja mengalami serangan vertigo saat tidur. Itu berarti, dalam posisi seseorang berbaring di tempat tidur, vertigo mendadak terjadi.

Kondisi ini memang bisa berulang terjadi pada pasien dalam posisi yang tidur. Dokter spesialis saraf Diorita Dyah Prayanti menyebutkan, penyebab vertigo ini muncul saat tidur.

“Vertigo muncul saat tidur berkaitan dengan posisi saat tidur, terutama posisi dari kita tidur (berbaring) ke posisi bangun (duduk atau berdiri). Adanya perubahan posisi menjadi penyebab vertigo yang paling sering terjadi,” ungkap Rita, sapaan akrabnya, dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Selasa (11/6/2019).

Gejala serangan vertigo sendiri bisa dirasakan hebat bagi seseorang. Seseorang akan merasa seperti berputar-putar dan melayang. Bahkan beberapa orang bisa saja mual dan muntah.

Kemudian dalam posisi berbaring saat tidur, ada perubahan kalsium yang terjadi di liang telinga dan rumah siput telinga. Perubahan yang terjadi berupa terlepasnya kristal kalsium karbonat di lapisan saluran telinga bagian dalam.

Gangguan vertigo bisa muncul ketika pecahan-pecahan kristal masuk ke salah satu saluran berisi cairan telinga. Saat kepala bergerak, pecahan kristal akan tersapu sehingga mengirimkan sinyal membingungkan kepada otak. Vertigo pun akan terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sensasi Gempa Buatan 9 Skala Richter di Bandung

Kam Jun 13 , 2019
Pernahkah anda membayangkan sedang berada di sebuah ruangan yang digoyang gempa berkekuatan 9 Skala Richter? Jika anda ingin mencoba sensasinya, traveler harus liburan ke Kota Bandung ya. Nah, ada satu wahana di Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang menghadirkan sensasi guncangan gempa dari 5 hingga 9 SR. Wahana edukasi tersebut bernama […]
%d blogger menyukai ini: