Alasan Ilmiah Mudah Menangis Saat Berada di Dalam Pesawat

Kegiatan yang banyak dilakoni penumpang pesawat terbang ialah dengan menonton tayangan yang tersedia. Beragam alternatif hiburan telah disiapkan untuk mengisi waktu perjalanan, khususnya dalam penerbaangan jarak jauh.

Sadarkah Anda bila kebanyakan orang lebih mudah tersentuh saat menonton adegan yang penuh emosi? Chrissy Teigen, model dan istri penyanyi John Legend itu juga mengalami hal serupa. Ia bahkan menuliskan pertanyaan di akun Twitter-nya, “Apakah ada alasan lebih mudah menangis saat menonton di pesawat?

Dilansir laman South China Morning Post, Jodi De Luca, seorang psikolog klinis asal Colorado, Amerika Serikat, memiliki penjelasan soal itu. Ia menyebut hal itu bisa terjadi lantaran penumpang pesawat tidak memiliki kendali atas lingkungan sekelilingnya.

Penumpang lebih merasa cemas atau bahkan takut sesuatu yang buruk akan terjadi di pesawat. Situasi tersebut mendorong otak menghasilkan hormon stres yang dapat mengakibatkan peningkatan detak jantung dan pernapasan yang lebih cepat.

“Ini bukan hanya soal psikologis atau emosional, tetapi juga peristiwa fisiologis. Tidak pernah ada satu variabel pun yang tidak penting,” ucapnya, dilansir Selasa, 25 Juni 2019.

De Luca mengungkapkan jika sifat kognitif, psikologis, dan emosional berhubungan dengan fisik. Seluruh komponen mempengaruhi emosi saat mengalami kelelahan, penurunan aktivitas tubuh, berkurangnya oksigen dalam darah serta dehidrasi karena udara kering.

“Kita bisa berada di pesawat itu menonton film itu, itu bisa lucu, itu bisa sedikit sedih, dan tiba-tiba kita menemukan diri kita menangis tanpa terkendali atau terengah-engah,” ujar De Luca sambil menyebut sebagian penyebab terjadi karena lingkungan tak bisa dikendalikan sendiri.

Dia menyarankan para calon penumpang pesawat sebaiknya membawa benda-benda yang bisa menenangkan, seperti buku, puzzle, makanan favorit atau selimut yang nyaman ketika akan terbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wisata Naik Unicorn Raksasa di Pinggir Laut

Kam Jun 27 , 2019
Unicorn raksasa dengan tanduk warna-warni mendadak menjadi sorotan dunia maya. Lokasinya tersebut tentunya bukan di darat, melainkan mengambang di pinggir laut. Keberadaan unicorn berkaitan dengan keberadaan Pulau Tiup alias Inflatable Island. Dilansir dari laman resmi theinflatableisland.com, destinasi wisata menggemaskan itu┬áberada di perairan Subic Bay, Samba Bluewater Resort, Filipina. Dengan luas […]
%d blogger menyukai ini: