Pendapatan Pajak Kota Bandung Baru Rp 846 M dari Target Rp 2,4 T

Target pendapatan pajak Kota Bandung di tahun 2019 sebesar Rp 2,436 triliun. Dari jumlah tersebut, sampai semester dua ini pendapatan pajak baru mencapaii sebesar 34 persen atau sekitar Rp 846 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan (BPPD) Kota Bandung Arif Prasetya menyebutkan, ada sembilan jenis mata pajak yang menjadi sumber pendapatan Kota Bandung. Pertama pajak hotel, restoran, hiburan, parkir, pajak penerangan jalan, BPHTB, PBB, reklame, air tanah dan terakhir denda.

Dari sembilan mata pajak tersebut, menurutnya, terdapat beberapa jenis yang tiap tahunya memang belum tercapai optimal. Contohnya saja pajak reklame yang hingga Juni ini baru tercapai sebesar 7,79 persen dari target sekitar Rp 153 miliar lebih.

Lalu ada juga pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) yang juga belum tercapai maksimal. Dari target sebesar Rp 665 miliar sampai semester dua ini baru tercapai sekitar 33,91 persen.

“Memang ada beberapa pendapatan yang kemungkinan tidak mencapai target, misalnya pajak reklame karena ini berkaitan dengan OPD lain. Pajak BPHTB juga berkaitan dengan jual beli lahan,” ujar Arif, di Hotel Novotel, Kota Bandung, Rabu (3/7/2019).

Meskipun begitu, dia menuturkan masih ada beberapa jenis mata pajak yang menjadi sumber pendapatan di Kota Bandung. Pertama pajak restoran, hotel, tempat hiburan yang capaian target pendapatan tiap tahunnya yang cukup baik.

Berdasarkan keseluruhan, Arif menyampaikan, capaian pendapatan sampai kuartal ke dua baru mencapai 34 persen atau sekitar Rp 846 miliar. “Kami target itu Rp 2,436 triliun, yang ditargetkan Pemkot Bandung,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembangunan 2 Flyover di Kota Bandung

Jum Jul 5 , 2019
Pembangunan jembatan layang di perempatan Jalan Gatot Subroto-Jalan Laswi dan Jalan Jakarta-Jalan Supratman di Kota Bandung rencananya akan dimulai tahun ini. Dua flyover merupakan hibah dari Pemprov Jabar. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi menyebutkan bahwa proyek tersebut tengah proses lelang. Jika tidak ada hambatan, proses konstruksi […]
%d blogger menyukai ini: