19 Gempa Susulan Pascagempa Magnitudo 7 di Ternate

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mencatat, hingga Senin (8/7/2019) pukul 00.54 WIB, ada 19 aktivitas gempabumi susulan atau aftershock pascagempa magnitudo 7 di Ternate.

BMKG pun terus memonitor perkembangan gempa bumi susulan dan tinggi muka air laut yang terdapat di 6 stasiun pasang surut yakni Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Xanana.

BMKG telah mencabut peringatan dini tsunami pada Senin (8/7/2019) pukul 00.09 WIB.

“Sesuai prosedur, kami terus memonitor mengingat di sekitar episentrum di dasar laut ada beberapa gunung aktif dan batuan rapuh. Dikhawatirkan, getaran gempa bumi menyebabkan longsor. Kami juga berkoordinasi dengan PVMBG,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Dicabutnya peringatan potensi tsunami oleh BMKG, Dwikorita meminta masyarakat kembali ke daerah masing-masing meski harus tetap waspada terhadap gempa susulan.

“Selain itu, tetap tenang dan pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” terang Dwikorita lagi.

Sebelumnya, BMKG mendeteksi atau mencatat gempa bumi tektonik magnitudo, pada Minggu (7/7/2019) pukul 22.08:42 di wilayah laut di sebelah barat Ternate. Gempa itu berpotensi tsunami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Bandung Barat Evaluasi Pembangunan Infrastruktur, Jelang Akhir Masa Jabatan

Rab Jul 10 , 2019
Menjelang akhir masa jabatannya, jajaran Komisi III DPRD Kabupaten Bandung rencananya akan mengevaluasi pembangunan infrastuktur. Pemanggilan terhadap dinas-dinas terkait akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sekretaris Komisi III DPRD KBB Pither Tjuandys menyebutkan, pemanggilan tersebut untuk mengevaluasi sejauh mana kinerja yang sudah dicapai dalam merealisasikan APBD murni 2019. ”Masa jabatan […]
%d blogger menyukai ini: