Pria di Cimahi Olah Limbah Kayu Bernilai Jutaan

Howardi Tjandrasa (55) keluar dari pekerjaannya sebagai manajer sebuah perusahaan ternama demi menggapai impian menjadi seorang pengusaha sukses. Lulusan S2 Teknik Industri ITB banting setir menjadi perajin kayu palet limbah saat usianya berusia 32 tahun. Setelah 23 tahun berlalu omsetnya telah mencapai ratusan juta rupiah per bulannya.

Limbah kayu palet biasanya dibuang atau dijadikan kayu bakar. Tetapi di tangan Wardi, sapaan Howardi, kayu limbah tersebut diubah menjadi radio dan barang estetik lainnya yang berdayaguna.

“Berangkat dari sana saya ingin membuat kerajinan dengan bahan yang murah tapi punya edit value yang tinggi. Tentu untuk mendapatkan edit value yang tinggi harus unik dan memiliki nilai fungsional, presisi dan rapi pengerjaannya,” ungkap Wardi di bengkelnya Jalan Gunung Tampomas, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jumat (12/7/2019).

“Di tahun pertama kita terus membuat (produk) hampir tidak ada penjualan. Kita bikin terus sambil lama-lama setelah rapi, kita mulai berani mengiklan di Instagram. Produk radio itu yang pertama kali kita bikin,” lanjut ayah dua anak teraebut.
Selain radio vintage, Wardi bisa membuat gramophone dari kayu. Uniknya lagi, walau dikemas dengan bentuk jadul namun radio ini dilengkapi dengan flashdisk dan bluetooth player.

Peminat radio buatan Wardi sampai ke luar negeri. Rata-rata pembeli mengetahui produk Wardi dari akun Instagram @kaiwoodenart. Satu radio bisa dijual dengan harga Rp 2,5 juta. “Kebanyakan dijual lagi oleh pembeli dari Bali. Mereka yang memasarkan lagi ke luar negeri,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BNN Lakukan Tes Urin 61 PNS di Kecamatan Coblong

Sen Jul 15 , 2019
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung telah melakukan tes urin kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Hal ini dilakukan mengingat adanya video Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Bandung yang berkelakuan seperti orang mabuk dan diduga mengkonsumsi narkoba. Anggota BNN Kota Bandung, […]
%d blogger menyukai ini: