Pembebasan Lahan Kereta Cepat, Warga Datangi Kantor BPN Kabupaten Bandung Barat

Puluhan warga sempat mendatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung Barat, Jalan Raya Ciburuy, Padalarang, pada Kamis 18 Juli 2019. Mereka menuntut BPN selaku Panitia Pengadaan Tanah (P2T) melakukan pembayaran atas sisa lahan yang terkena pembebasan lahan proyek kereta cepat.

Seorang warga, Eti Rohaeti mengaku bahwa punya lahan seluas 78 meter persegi di Kampung Campaka, RT 3 RW 5, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang. Dari luas tersebut, lahan yang dibebaskan untuk proyek kereta cepat hanya seluas 5 meter persegi. Dia pun menuntut lahan miliknya yang tersisa turut dibebaskan.

“Sisa lahan milik saya jadi terpotong, ya sudah sekalian saja dibayarkan. Dalam rapat yang digelar di desa juga sudah disepakati bahwa sisa lahan yang kurang dari 100 meter akan ikut dibebaskan. Namun, saya sudah beberapa kali ke sini masih saja permasalahan ini belum tuntas,” ucapnya

Warga yang lain, Doni Ramlan meminta pembebasan lahan miliknya dilakukan menyeluruh. Dari lahan dan bangunan seluas 474 meter persegi miliknya, lahan yang dibebaskan untuk proyek kereta cepat ialah seluas 26 meter persegi. Tak hanya kesulitan untuk memanfaatkan sisa lahan, Ia khawatir mengenai operasional kereta cepat yang dapat mengganggu bangunan miliknya.

Mengenai adanya permintaan warga untuk mendapatkan pembebasan lahan atas sisa lahan miliknya, Dadang menyatakan sisa lahan di bawah 100 meter persegi dapat langsung mendatangi BPN untuk dilakukan pembayaran.

“Yang 100 meter persegi ke atas, tupoksinya PSBI, berupa kajian lah, karena mengenai tanah sisa itu sifatnya kebijakan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perpustakaan di Lapangan Gasibu di Bandung

Sab Jul 20 , 2019
Lapangan Gasibu tak hanya cocok untuk berolahraga. Di salah satu sudutnya terdapat sebuah perpustakaan yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama. Lapangan Gasibu bukan hanya menjadi tempat yang asyik bagi orang-orang yang menyukai olahraga. Salah satu sudut Lapangan yang berada tepat di seberang Gedung Sate terdapat satu perpustakaan kecil yang dapat dikunjungi […]
%d blogger menyukai ini: