Cegah Kanker dengan Daun Sirsak

Penyakit yang satu ini adalah pnyakit yang cukup mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Tak heran, jika berbagai cara rela dilakukan sebagai upaya untuk mencegahnya. Salah satu yang konon mampu mencegah kanker dengan efektif adalah dengan menggunakan daun sirsak.

Anggapan tersebut berangkat dari salah satu penelitian yang dipublikasian lewat Asian Pacific Journal of Tropical Medicine tahun 2017 silam. Menurut penelitian ini mengonfirmasi bahwa jamur endofit yang diisolasi dari daun sirsak berpotensi untuk digunakan sebagai sumber agen antikanker.

Temuan pada penelitian tersebut kemudian diperkuat dengan studi lain yang dipublikasikan lewat jurnal Universa Medicina. Studi tersebut juga menyebut bahwa ekstrak daun, biji dan buah sirsak mampu menghambat sel kanker payudara T47D. Pada studi ini, peneliti menggunakan uji coba post test experimental dengan desain kelompok kontrol. Infus daun sirsak, biji-bijian, dan buah-buahan yang dikumpulkan dari Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta digunakan untuk tes sitotoksisitas pada sel T47D.

Berdasakan hasil semua komponen sirsak yang dijadikan sebagai bahan uji coba terbukti mampu menghambat proliferasi sel kanker payudara T47D. Di antara semua komponen tersebut, peneliti menemukan bahwa daun sirsak memberikan manfaat yang cukup signifikan.

Namun penyakit kanker juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup dan stress. Ada baiknya kita mencegahnya dengan gaya hidup yang baik dan hjndari stress berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HUT RI, Warga KBB Santap Liwet Sepanjang 250 Meter

Sab Agu 17 , 2019
Warga RW 12 Kampung Cihamirung, Desa Mekarjaya, Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki tradisi yang cukup unik dalam menyambut perayaan HUT Republik Indonesia. Setiap tahunnya, warga menggelar acara liwetan di jalanan kampung sepanjang 250 meter. Warga pun duduk ‘ngariung’ di atas terpal, sambil menyantap liwet lengkap dengan ikan asin, jengkol, […]
%d blogger menyukai ini: