Hati-hati Buang Struk Belanja Toko Duty Free di Bandara

Traveler harus lebih berhati-hati jika membuang struk belanja toko Duty Free bandara. Di lembaran kertas ini bisa jadi ada informasi berharga yang bisa disalahgunakan.

Struk belanja dari Toko Duty Free Bandara tampak seperti lembaran kertas tak berharga yang sering traveler buang di tempat sampah. Tapi jika diperhatikan, di lembaran kertas tak berharga tersebut, bisa jadi tertulis informasi pribadi milik traveler yang bisa disalahgunakan oleh orang jahat.

Dilansir laman detikcom dari beberapa sumber, Rabu (21/8/2019), seorang traveler bernama Colin Ahearn dari Perth, Australia baru menyadari hal tersebut saat dirinya berpergian dari Kuala Lumpur menuju ke Phuket, Thailand.

Di toko Duty Free Bandara KLIA, Colin dan istrinya sempat membeli sebotol vodka dan minuman beralkohol lainnya. Setelah tiba di Phuket, Thailand, saat istri Colin hendak membuang struk belanja tersebut, ternyata dia menyadari ada informasi penting yang tertulis di sana.

Dalam lembaran struk, selain tertulis nominal pembelanjaan, tertulis juga informasi penting berisi nama lengkap Colin, jenis kelamin, tanggal lahirnya, nomor passport hingga rute penerbangan yang dinaikinya.

Data-data ikut tercetak di struk belanja toko Duty Free karena Colin memang harus menyerahkan paspor dan boarding pass saat berbelanja di toko tersebut. Colin dan istrinya pun takut bagaimana kalau data-data ini jatuh begitu saja ke orang yang punya niat jahat.

“Kalau kamu membuangnya begitu saja di tempat sampah, orang lain bisa mendapatkan nomor paspor kamu, nama lengkap, tanggal lahir, hingga kewarganegaraan. Jika seseorang menelusuri informasi itu, dia bisa dengan mudah mendapat detail pribadimu,” ucap Colin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Eceng Gondok Tutupi 70 persen Area Aliran Waduk Cirata

Jum Agu 23 , 2019
Eceng gondok terlijat menutupi hampir 70 persen area aliran Waduk Cirata, Perairan Jangari, Kabupaten Cianjur. Hal ini akhirnya berdampak pada kondisi budidaya perikanan dan pariwisata di kawasan Jangari. Ketua Kompepar Pesona Wisata Jangari, Hendrawan mengatakan, pertumbuhan eceng gondok cukup cepat dan mempengaruhi perkembangan ikan di area waduk. Nafsu makan ikan […]
%d blogger menyukai ini: