Alasan Setelah Bangun Tidur Jangan Langsung Minum Kopi

Tak sedikit orang yang mengawali hari dengan minum kopi begitu bangun tidur. Ternyata kebiasaan tersebut tidak baik bagi kesehatan.

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dipercaya bisa memberikan energi. Karenanya banyak orang yang meminum kopi sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Bahkan mereka merasa loyo dan tak bisa melek sebelum ngopi.

Ternyata hal itu telah dilarang keras oleh ahli nutrisi karena dinilai membahayakan kesehatan tubuh, terutama bagi wanita. Menurut seorang ahli nutrisi bernama Carlyn Rosenblum, MS, RD, minum kopi di pagi hari bisa meningkatkan kortisol.

Kortisol ialah nama hormon yang berperan penting untuk mengatur respon stres tubuh. Ketika kortisol naik maka bisa menimbulkan dampak negatif ovulasi, berat badan hingga keseimbangan hormon.

Terutama diwaktu pagi-pagi biasanya kadar kortisol dalam tubuh meningkat. Jika terkena kafein, maka akan berefek negatif untuk tubuh.

Tak hanya itu minum kopi dengan perut kosong bisa menyebabkan masalah kesehatan pada lambung. Itu sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang hasilnya mengatakan bahwa kopi dapat merangsang produksi asam.

Ahli nutrisi pun merekomendasikan waktu yang tepat untuk minum kopi adalah pukul 09.30. Karena waktu tersebut berada di tengah-tengah antara waktu pagi dan waktu siang.

Waktu ini juga biasanya kadar kortisol dalam tubuh berada dalam posisi yang rendah. Karenanya minum kopi di waktu tersebut cukup aman sejauh ini. Oleh karena itu saat bangun tidur dianjurkan banyak minum air putih, karena tubuh mengalami dehidrasi selama waktu tidur semalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Makan di Restoran Bawah Laut Maldives

Ming Agu 25 , 2019
Maladewa akan menawarkan tempat wisata kuliner sangat unik. Maladewa ini yaitu restoran di bawah laut, seperti makan di dunia Aquaman. Maldives alias Maladewa terkenal dengan pantai, bawah laut dan resor terapungnya yang mewah. Jangan heran jika liburan ke Maldives selalu menjadi pilihan bagi pasangan yang ingin momen romantis nan mewah. […]
%d blogger menyukai ini: