Kopi Indonesia Siap Tembus Pasar Eropa Tengah

Kopi Indonesia memiliki peluang dalam memperluas pasar ekspor khususnya ke Eropa Tengah melalui pelaksanaan ajang promosi di Republik Ceko yaitu 8th Annual Prague Coffee Festival. Acara tersebut akan dilaksanakan di kota Praha pada tanggal 12-13 Oktober 2019.

Acara tersebut dikhususkan untuk promosi produk kopi, alat pascapanen dan pengolahan kopi, workshop pasar kopi di Eropa Tengah, ajang barista dan coffee testing, bussines matching, pengembangan kedai-kedai kopi dan lain-lain.

Menurut data trademap, 2018 menunjukkan bahwa pangsa pasar kopi di Republik Ceko berasal dari kopi Vietnam dengan nilai impor sebesar USD 4,1 juta, sedangkan nilai ekspor Indonesia ke Republik Ceko banyak di dominasi oleh komoditas kelapa dan mete dengan volume sebesar 102 ton dan nilai ekspor mencapai USD 333,9 ribu.

Sejumlah pelaku usaha di Ceko pun menyatakan minatnya terhadap produk-produk Indonesia, seperti gula, buah kering, bubuk coklat, rempah-rempah, kopi, produk kabel, produk mineral, kosmetik, mi cepat saji, kopi, batik, dan pariwisata.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono menyebutkan, untuk komoditas kopi, Indonesia memiliki peluang perluasan ekspor ke Republik Ceko melalui ajang promosi di kota Praha pada Oktober 2019. Adanya keragaman rasa dan aroma kopi Indonesia yang berbeda dari setiap daerah membuat komoditas ini memiliki masa depan yang cemerlang di wilayah Eropa.

Masyarakat Eropa menyukai kopi arabika Indonesia yang banyak masuk ke pasar gourmet coffee dan memiliki harga kopi arabika termahal di dunia, yakni mencapai USD 5 per kg.

Tentu saja kita harus selalu semangat dalam memanfaatkan setiap peluang untuk mempromosikan Indonesia, termasuk aktif mengikuti berbagai pameran dan eksposisi yang sering diselenggarakan di Ceko, untuk itu kami berharap asosiasi dan pelaku usaha kopi di Indonesia dapat berkontribusi pada festival kopi tersebut,” kata Kasdi dalam keterangan tertulis, Rabu (28/8/2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Resep Tahu Katsu yang Lezat

Jum Agu 30 , 2019
Berbicara mengenai, setiap orang pasti membayangkan potongan dada ayam sebagai bahan bakunya. Padahal, makanan ini juga bisa dikreasikan dengan bahan lain yang tak kalah menggugah selera. Seperti, Tahu. Tahu sangat cocok dijadikan bekal makan siang yang tak hanya lezat, tapi juga praktis dibuat. Bisa disajikan bersama ragam sayuran rebus ditambah […]
%d blogger menyukai ini: