Indonesia-Korea Gelar Aksi Sapu Bersih Pantai

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) bersama pemerintah Republik Korea Selatan gelar kegiatan sapu bersih sampah di pantai Cirebon. Puluhan orang turut mengikuti aksi bersih pantai tersebut. Dengan hasil, sekitar 900 kilogram sampah dikumpulkan dalam kegiatan ini.

Plt Sekretaris Kemenko Maritim Agung Kuswandono menyebutkan bahwa aksi bersih pantai merupakan upaya mendukung Perpres No 83 Tahun 2018 mengenai penanganan sampah laut. Agung menyebut dalam rencana aksi nasional, pemerintah menargetkan mengurangi 70 persen sampah plastik di laut.

“Kita selalu lakukan kegiatan bersih pantai karena banyak pantai kita yang kotor, terkontaminasi sampah plastik,” ucap Agung seusai kegiatan aksi bersih sampah dalam peringatan satu tahun Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC) di Pantai Pelabuhan Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019).

Menurut Agung, Indonesia berada di urutan kedua di dunia sebagai negara penghasil sampah plastik. Saat musim baratan, sampah plastik yang ada di laut terseret ke pantai-pantai yang ada di Indonesia. Imbasnya, kondisi pantai di Indonesia menjadi kotor.

Duta Besar Republik Korea Selatan untuk Indonesia Chang Beom Kim ditempat yang sama mengatakan gerakan sapu bersih sampah plastik itu merupakan salah satu rangkaian dari agenda Teman Korea Nang Jawa atau teman Korea keliling Pulau Jawa naik bus. Kota yang disinggahi rombongan di antaranya Jakarta, Cirebon, Brebes, Solo, dan Surabaya.

Tak hanya itu, agenda sapu bersih pantai, turut disajikan sejumlah kuliner khas Korea, seperti bibimpap dan tteokbokki. Ia mengatakan, di setiap kota, jajarannya bakal menggelar aksi bersih-bersih pantai dan mengenalkan kuliner Korea Selatan. “Setelah bersih-bersih pantai, kita juga ajak masyarakat menikmati makanan Korea,” ucapnya.

Agenda ini merupakan rangkaian peringatan hari jadi yang pertama MTCRC. Lembaga riset yang digagas oleh Kedubes Korea Selatan bersama ITB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gunung Tangkuban Perahu Kembali Erupsi

Kam Sep 5 , 2019
Rabu (4/9) Gunung Tangkuban Perahu sempat mengalami erupsi. Kawasan Tangkuban Perahu pun untuk sementara waktu ditutup. Dalam informasi dari PVMBG Badan Geologi KESDM, Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu yang dilansir dari laman detikcom, Rabu (4/9/2019) erupsi Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat terjadi pada pukul 07.24 WIB. Ketinggian kolom abu […]
%d blogger menyukai ini: