Polisi Kaji Kelaikan Tol Cipularang

Tol Cipularang Km 91 kembali alami kecelakaan. Kali ini delapan orang dilaporkan tewas dan 24 lainnya mengalami luka dalam kecelakaan yang terjadi pada Senin (2/9/2019) siang.

Insiden tersebut bukan hanya yang pertama kali terjadi di Tol Cipularang. Sejak 2011, tol yang melintasi tiga wilayah, yakni Kabupaten Bandung Barat, Purwakarta, dan Karawang, ini telah menelan puluhan korban jiwa.

Dalam rentang sembilan tahun terakhir, dilaporkan 36 orang meninggal dunia dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka. Salah satunya ialah tewasnya istri pedangdut Syaiful Jamil, Virginia Anggraeni.

Wakil Bupati Garut periode 2014-2019 Helmi Budiman juga menjadi korban. Beruntung, ia dan keluarganya yang berada di dalam mobil hanya mengalami luka ringan dan dirawat di Rumah Sakit Santosa, Bandung.

Tol Cipularang yang berada di pegunungan membuat kontur jalannya menurun dan berkelok. Titik rawan tol tersebut berada di Km 90 dan Km 100. Pasalnya, dari arah Bandung terdapat turunan panjang dan dari arah Jakarta ada tanjakan panjang.

Terkait dengan kelaikan Jalan Tol Cipularang, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi masih menunggu hasil olah TKP dan kajian dari Korlantas Polri.

“Nanti hasil dari Korlantas yang melakukan olah TKP, (Korlantas) akan mengkaji itu karena dari Dishub sudah datang ke sana,” ungkap Rudy di RS Thamrin, Purwakarta, pada Senin (3/9/2019).

Rudy menyebutkan, akan ada pengkajian lebih lanjut akibat kerap terjadinya kecelakaan maut di Tol Cipularang. “Dengan berulangnya kejadian, ini pasti akan dikaji apa kekurangan jalan itu dan apa yang bisa diperbaiki,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Indonesia-Korea Gelar Aksi Sapu Bersih Pantai

Rab Sep 4 , 2019
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) bersama pemerintah Republik Korea Selatan gelar kegiatan sapu bersih sampah di pantai Cirebon. Puluhan orang turut mengikuti aksi bersih pantai tersebut. Dengan hasil, sekitar 900 kilogram sampah dikumpulkan dalam kegiatan ini. Plt Sekretaris Kemenko Maritim Agung Kuswandono menyebutkan bahwa aksi bersih pantai merupakan upaya […]
%d blogger menyukai ini: