Alasan Xanana Gusmao Baru Ziarah ke Makam BJ Habibie

Presiden pertama Timor Leste Kay Rana Xanana Gusmao menyetakan alasan dirinya baru berziarah ke makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Hal tersebut lantaran jarak antarnegara relatif jauh dan akses transportasi udara yang belum begitu banyak.

Xanana baru bisa mengunjungi pusara BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (15/9/2019), atau tiga hari setelah presiden RI ke-3 itu dikebumikan pada Kamis (12/9/2019).

“Kita (negara Timor Leste) bukan di sebelah Bandung. Kita jauh, pesawat hanya pagi sampai siang. Waktu kita dengar kabar Pak Habibie wafat itu (Kamis) pagi, dan siangnya sudah dikuburkan,” ucap Xanana usai berziarah di TMP Kalibata.

“Saya ke sini bukan atas nama pribadi tetapi mewakili pemerintah dan rakyat Timor Leste,” tuturnya seperti dilansirkan Anataranews.

Ketika berziarah, Xanana didampingi oleh puluhan mahasiswa Timor Leste yang menempuh pendidikan di Jakarta, Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos, Sekretaris Pribadi Habibie Rubijanto, dan putra Habibie, Ilham Akbar Habibie.

Xanana tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 09.45 WIB bersama dengan rombongan Timor Leste lainnya. Setibanya di makam Habibie, Xanana sempat duduk terdiam, kemudian ia mengalungkan rangkaian bunga dan menaburkan bunga ke pusara Habibie.

Tak lama setelah Xanana menaburkan bunga, putra Habibie, Ilham tiba ke TMP Kalibata. Xanana menggandeng Ilham dan kembali menaburkan bunga ke makam Habibie serta pusara istrinya, Hasri Ainun Besari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Sejumlah Pohon Bertumbangan

Kam Sep 19 , 2019
Hujan deras disertai dengan angin kencang terjadi di wilayah kota Cimahi, pada Rabu (18/9/2019) sore, Hal tersebut menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Akibat tumbangnya pohon, sejumlah ruas jalan mengalami kemacatan. Sejumlah petugas dari Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, BPBD Kota Cimahi, dan Polres Cimahi pun […]
%d blogger menyukai ini: