13 Warisan Budaya Tak Benda Jawa Barat Diakui Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2019 menetapkan 13 Warisan Budaya Takbenda(WBTb) Jawa Barat bersama 254 WBTb dari 31 provinsi lain. Penetapan WBTb menunjukkan komitmen pemerintah guna menyelamatkan budaya warisan bangsa sesuai amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Penetapan WBTb merupakan penghargaan pemerintah terhadap objek dan sumber daya manusia kebudayaan. Selain itu, penetapan merupakan bagian dari upaya untuk perlindungan warisan budaya tak benda melalui inventarisasi, pengamanan, penyelamatan, dan publikasi objek pemajuan kebudayaan,” ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik, didampingi Kabid Kebudayaan, Febiyani, pada Rabu, 9 Oktober 2019

Ia menyebutkan, hal tersebut sudah sesuai dengan amanat Konvensi 2003 UNESCO tentang Safeguarding of Intangible Cultural Heritage. Aturan tersebut sudah di ratifikasi oleh Indonesia pada tahun 2007 melalui Peraturan Presiden no. 78 tahun 2007 tentang konvensi perlindungan terhadap Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Penyerahan sertifikat penetapan WBTb, Dedi menyebutkan, berlangsung di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2019, Selasa, 8 Oktober 2019, malam. Sertifikat diberikan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, yang didamping Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Sertifikat itu diserahkan kepada 11 gubernur serta 13 bupati dan walikota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

326 Wilayah di Jawa Barat Berstatus Desa Tertinggal

Jum Okt 11 , 2019
Bupati Bogor Ade Yasin mennyampaikan masih ada 45 desa yang berstatus tertinggal di wilayahnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengakui hal tersebut. Berapa sih jumlah desa tertinggal di Jabar? Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar Dedi Sopandi menyebutkan indikator desa ada lima, yakni sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju, […]
%d blogger menyukai ini: