Pemkot Bandung Keluarkan Perwal untuk Kurangi Sampah Plastik

Peraturan Daerah (Perda) Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Pemerintah Kota Bandung telah dikeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 37 Tahun 2019 sebagai petunjuk pelaksanaan dan pedoman dalam upaya pengurangan penggunaan kantong plastik secara terukur.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Bandung, menganggap Perwali tersebut perlu dikeluarkan agar masyarakat Kota Bandung lebih memerhatikan dampak dari sampah plastik yang bisa merusak ekosistem lingkungan dan makhluk hidup. “Dari Perda tahun 2012 kita coba imbauan dulu, kita ingin cek, kemudian setelah kita evaluasi, nampaknya sudah saatnya kita mengeluarkan perwali agar lebih banyak aturan untuk menangani sampah plastik,” ungkapnya seperti dilansir laman Kantor Berita Antara.

Tetapi, Perwali tersebut tak akan berarti tanpa adanya sosialisasi maksimal kepada masyarakat. Karena itu dia meminta seluruh pihak, baik masyarakat, ASN serta pelaku bisnis agar dapat menjalankan aturan tersebut yang akan diterapkan mulai awal tahun 2020.

“Ada ikan hiu di laut ketika di bedah perutnya isinya kantong plastik semua, dari situ saya melihat persoalan plastik ini harus jadi perhatian kita semua, sampah plastik ini paling berbahaya,” ucapnya.

Untuk ruang lingkup peraturan tersebut ada lima hal utama, yakni rencana pengurangan penggunaan kantong plastik, kesanggupan pelaku usaha dan penyedia kantong plastik, insentif dan disinsentif, peran serta masyarakat, dan penetapan kawasan bebas kantong plastik.

Dalam hal rencana pengurangan penggunaan kantong plastik ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung Kamalia Purbani menyebutkan bahwa pihaknya telah mewajibkan seluruh penyedia dan pelaku usaha tidak memberikan kantong plastik secara gratis dan mengurangi penyediaan kantong plastik secara bertahap hingga mencapai 100 persen di tahun 2025.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sungai Cipamokolan Bandung Bau-Menghitam

Sab Okt 12 , 2019
Wali Kota Bandung Oded M Danial turut angkat bicara mengenai kondisi air Sungai Cipamokolan yang hitam pekat dan bau busuk. Oded pun akhirnya meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan dinas terkait lain untuk segera meninjau dan mengatasi permasalahan yang ada. Saat ini, ucap Oded, pihaknya sedang menggencarkan bebersih […]
%d blogger menyukai ini: