Beberapa Rumah Warga di Padalarang Rusak Akibat Bom Proyek Kereta Cepat

Warga Kompleks Tipar Silih Asih RW 13, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), resah dengan aktivitas pengeboman Gunung Bohong untuk kepentingan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Linda (45), warga RT 4 mengatakan, aktivitas pengeboman tersebut untuk pembuatan tunnel 11 itu membuat dinding rumahnya retak-retak. Retakan paling parah terlihat di kamar mandinya. Cahaya matahari bahkan menyelinap dari retakan yang menganga itu.

Menurutnya, dinding yang retak pernah diperbaiki dua kali oleh suaminya. Namun, karena pengeboman susulan retakan itu kembali muncul. “Saya punya anak, khawatir kalau sampai menimpa anak saya. Sekali lagi ada ledakan mungkin bisa roboh,” ujarnya.

Keresahan tersebut juga diungkapkan oleh Heru Agam (49), perlengkapan tukang yang berada di rumahnya berjatuhan menyusul suara dentuman keras. “Sekitar tiga minggu ke belakang ada pengebomannya, tapi yang paling terasa hari ketiga,” ungkapnya.

Jarak antara mulut tunnel 11 dengan kompleks tersebut berkisar 1 kilometer. Kendati demikian, getaran dari pengeboman berdampak ke 120 rumah dengan 500 jiwa yang berada di kaki Gunung Bohong itu.

Keresahan warga semakin bertambah setelah ada berita hujan batu di Plered Purwakarta. Apalagi dari data BPBD yang didapatkannya, kawasan Padalarang rentan pergerakan tanah.

“Jarak pengeboman satu kilometer saja sudah begini, kalau terowongan dikerjakan nanti akan melewati rumah warga, tak terbayang dampaknya, khawatir batu jatuh atau rumah warga roboh,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bengkel Mebel di Cimahi Ludes Terbakar

Sen Okt 21 , 2019
Bengkel mebel yang merangkap rumah hangus terbakar di Jalan Pesantren RT01/RW 06, Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi pada Minggu (20/10/2019) sekitar pukul 08.00 WIB. Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Indrahadi menyebutkan, dari keterangan saksi, api pertama kali terlihat di bagian belakang bangunan milik Nurhalik, seluas 750 meter persegi […]
%d blogger menyukai ini: