Empat Alasan Selalu Lapar Meski Sudah Makan

Pernahkah kamu merasa kembali merasa lapar padahal baru satu jam yang lalu sudah makan?

Dilansir dari GQ Magazine, ahli diet Rebecca Ditkoff, MPH, menyebutkan bahwa rata-rata orang perlu mengisi bahan bakar dengan makanan setiap tiga hingga empat jam.

“Tetapi kerangka waktu ini mungkin lebih bervariasi, dari dua hingga lima jam, tergantung pada tingkat aktivitas dan berapa banyak yang dikonsumsi pada makanan atau camilan sebelumnya,” ucap Rebecca.

Nah, apa kira-kira penyebab rasa lapar yang datang lebih sering dari biasanya?

Waktu tidur tak cukup

Pada dasarnya tidur merupakan hal yanh cukup penting untuk semua kegiatan yang kita lakukan di esok hari. Tak hanya mempengaruhi energi dan gairah dalam bercinta, tidur yang cukup juga mempengaruhi bagaimana tingkat lapar kita.

“Ketika kita tidak cukup tidur, itu meningkatkan hormon rasa lapar kita, ghrelin, yang dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat kita berpikir lebih lapar dari biasanya,” ucap Lori Zanini, RD, CDE, dan pencipta For The Love of Diabetes.

Tak minum cukup air

Menurut Ditkoff, rasa haus bisa juga dirasakan seperti rasa lapar.

“Untuk memastikan tetap terhidrasi dengan baik, kamu harus minum sekitar setengah dari berat badanmu dalam ons setiap hari,” ucapnya.

Asupan makanan yang tidak tepat

Dengan mencoba untuk tetap setia terhadap diet keto membatasi diri hanya makan dada ayam yang dikukus sepanjang hari. Tetapi pada kenyataannya, tubuh membutuhkan berbagai makanan untuk merasa kenyang.

Kamu hanya lapar emosional

Terdapat banyak faktor yang mencegah kita makan cukup untuk mengisi tubuh kita sepanjang hari. Mungkin kamu sedang mencoba diet baru, atau mungkin hanya melewatkan makan siang.

Jika sudah makan penuh sepanjang hari, dan masih lapar, kamu mungkin hanya lapar secara emosional.

Belum lagi jajanan kaki lima yang selalu tampak menggiurkan untuk disantap membuat keinginan untuk makan berlebih semakin tinggi.

Sebelum memutuskan untuk menyerbu jajanan, coba kembali pikirkan dan evaluasi perasaanmu. “Mungkin itu stres. Mungkin karena bosan. Kadang-kadang kelaparan emosional dapat dikacaukan dengan kelaparan fisik, ” ungkap Ditkoff.

Satu-satunya hal yang kamu butuhkan untuk mengekang nafsu makan hanyalah dengan relaksasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

717 Hektare Kawasan Kumuh di Kota Bandung

Kam Nov 7 , 2019
Ada sekitar 717 hektare kawasan kumuh di wilayah Kota Bandung dengan penduduk hampir 2,5 juta jiwa. Menyikapi adanya hal tersebut, Pemerintah Kota Bandung tengah mengambil upaya. Penerbitan peraturan daerah yang memuat penataan kawasan kumuh, dan pemanfaatan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) termasuk dalam daftar upaya Pemkot Bandung mengatasi persoalan tersebut. […]
%d blogger menyukai ini: