World Zakat Forum 2019

Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2019 telah menghasilkan 7 resolusi dari tema “Optimizing Global Zakat Role through Digital Technology”. Ketujuh resolusi tersebut menyerukan dalam mengembangkan zakat global dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital yang ada saat ini.

Sekretaris Jenderal WZF, Prof Bambang Sudibyo menyebutkan komitmen zakat harus memberi perhatian tidak hanya pada bagaimana zakat dikumpulkan dan didistribusikan sebagaimana mestinya. Melainkan juga bagaimana zakat dikelola secara profesional, efektif, efisien dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bergerak cepat.

“Gerakan zakat global harus memperhatikan peran teknologi digital dalam pengelolaan zakat karena dunia muslim sangat luas, dari Afrika hingga Asia Tenggara yang mencakup enam benua,” ungkapnya. Sebanyak 300 peserta konferensi dari 28 negara sepakat merumuskan 7 resolusi tersebut.

Ia mengatakan bahwa WZF sebagai platform gerakan zakat internasional memiliki peran untuk sinergi para pemangku kepentingan zakat global dalam upaa meningkatkan kesejahteraan umat dan mengurangi kemiskinan.

“Konferensi ini juga menandai meningkatnya peran zakat untuk menyelesaikan masalah kemiskinan dan ketidaksetaraan global dan mengusulkan standar secara khusus untuk mengukur dampak zakat terhadap kesejahteraan mustahik (penerima manfaat zakat),” tambahnya.

Bambang menuturkan jika resolusi yang dihasilkan memutuskan untuk mengadakan Konferensi Internasional WZF ke-9 dan Pertemuan Tahunan WZF 2020 di Selangor, Malaysia, dan Lembaga Zakat Selangor sebagai penyelenggara utamanya. Agenda untuk Pertemuan Tahunan 2020 akan mencakup diskusi tentang Petunjuk Teknis Pelaporan Keuangan dan Audit Eksternal Zakat, Petunjuk Teknis tentang Pengungkapan dan Transparansi Zakat, dan diskusi tentang Indeks Kesejahteraan Zakat.

“Juga diputuskan untuk mengadakan Konferensi Internasional WZF ke-10 dan Pertemuan Tahunan 2021 di kota London, Inggris, yang akan diselenggarakan oleh National Zakat Foundation (NZF) Worldwide,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bandung Pernah Jadi Kota Kawasan Kumuh Paling Luas

Jum Nov 8 , 2019
Bandung termasuk dalam daftar kota dengan kawasan kumuh yang luas, berdasarkan data Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Bandung sempat menjadi kota dengan kawasan kumuh paling luas. Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung dari Fraksi Nasional Demokrat yang terdaftar sebagai salah seorang anggota pansus rancangan Peraturan Daerah tentang Penangan Kawasan Kumuh, Rendiana […]
%d blogger menyukai ini: