BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi di Jabar

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan pada masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi di seluruh wilayah Jawa Barat. Hal ini mengingat wilayah Jabar umumnya berada di musim hujan sejak awal November ini.

“Ya, awal November sudah musim hujan di Jawa Barat,” ucap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kelas 1 Bandung Tony Agus Wijaya.
SBMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan curah hujan bulanan dan prakiraan musim hujan 2019/2020. Pertama, musim hujan 2019/2020 terdapat peristiwa gangguan cuaca skala global berupa La Nina lemah dari November 2019 hingga Maret 2020. Namun kondisi tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap penambahan curah hujan berdasarkan data terkini pada pertengahan September 2019.

Kata Tony, perlu kesiapsiagaan saat puncak musim hujan pada Desember mendatang dan terjadi peningkatan curah hujan kembali di rentang Februari-Maret 2020.

Sebagai bentuk upaya menghadapi peningkatan curah hujan tersebut, Tony mengingatkan pemerintah melalui BPBD daerah agar mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi.

“Perlu kesiapsiagaan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, genangan, banjir bandang dan gerakan tanah (longsor) terutama pada saat awal awal memasuki musim hujan dan pada puncak musim hujan,” ungkapnya.

Tony menyebutkan, di Jawa Barat terdapat 38 pola hujan, dengan rincian 36 zona musim dan 2 non zona musim. Adapun sifat hujan terdiri dari tiga kriteria. Yaitu atas normal, normal dan bawah normal.

Sepanjang November, sifat hujan atas normal diprakirakan terjadi di Bogor bagian barat dan utara, Depok bagian timur, Sukabumi bagian tengah, Cianjur utara bagian barat, Bekasi utara, Karawang utara, sebagian kecil Purwakarta bagian tengah, Bandung barat bagian utara dan selatan.

Sifat hujan normal, diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Sedangkan sifat hujan bawah normal diprakirakan terjadi di Bogor selatan bagian barat, Sukabumi utara bagian barat, timur bagian tengah, Kota Bekasi tengah bagian selatan, Karawang tengah, Purwakarta tengah, Cianjur tengah, Bandung tengah dan selatan, Subang selatan, Indramayu selatan, Sumedang barat bagian utara, timur bagian selatan, Garut bagian selatan, Tasikmalaya barat bagian tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hutan Gunung Beser Kabupaten Sukabumi Kebakaran

Sen Nov 11 , 2019
Terjadi kebakaran di kawasan hutan Gunung Beser di Kampung Nyalindung, Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, peristiwa tersebut sempat membuat panik ratusan warga yang berada tidak jauh dari titik lokasi api. Warga masih belum mengetahui penyebab kebakaran. Warga baru mengetahui kebakaran setelah asap membumbung tinggi. Api sempat tidak terkendali seiring hembusan angin […]

You May Like

%d blogger menyukai ini: