Sering Terjadi Kebakaran, Stok Bantuan Dinsos Bandung Barat Mulai Menipis

Persediaan bantuan logistik para korban kebakaran yang dimiliki Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat menipis. Hal tersebut seiring dengan banyaknya peristiwa kebakaran, sementara persediaan logistik terbatas.

“Kejadian kebakaran itu tidak berhenti, hampir setiap hari terjadi. Kalau untuk penyaluran bantuan, sudah 70 persen atau sekitar 100 paket bantuan sudah diberikan kepada para korban,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo.

Dia meyebutkan, jika dalam satu minggu pihaknya pernah menerima 2-3 laporan kejadian kebakaran dan membutuhkan bantuan. Dengan demikian, stok yang masih tersedia pun semakin berkurang. Namun jika kekurangan, pihaknya masih bisa mengupayakan bantuan dari pemerintah provinsi.

“Jika ada kebakaran yang cukup besar, Dinsos akan ikut terlibat membuat dapur umum untuk menyediakan makanan bagi para korban,” ujarnya.

Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat selama ini. Menurutnya, hanya memberikan bantuan bagi korban kebakaran. Sementara untuk bantuan korban bencana alam menjadi kewenangan instansi lain.

Untuk bantuan logistik, Dinas Sosial hanya memberikan bantuan berupa bahan-bahan pokok. “Sementara untuk penanganan pascabencana lainnya, diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” katanya.

Menurut data yang telah dihimpun hingga bulan Oktober 2019, telah terjadi 170 kali kebakaran yang didominasi kebakaran hutan dan lahan, sedangkan sisanya kebakaran rumah dan pabrik. Dari jumlah tersebut, sekitar 85 persen kebakaran terjadi saat musim kemarau, bahkan sejak Juli hingga September terjadi 97 kasus kebakaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Rumah Petak di Gang Irit Pasirlayung Terbakar

Rab Nov 20 , 2019
Kec. Cibeunying Kidul, ludes terbakar. Kejadian tersebut terjadi Selasa,12 November 2019, pukul 07. 25 WIB sempat membuat panik warga dikawasan padat tersebut. “Tidak tahu persis bagaimana awalnya api kompor tiba-tiba membesar dan menyambar tubuh saya. Karena panik saya menyiramnya dengan air, tapi bukannya padam malam semakin membesar,” ucap Isah kepada […]
%d blogger menyukai ini: