Guru di Jabar Pertanyakan TPG yang Tak Kunjung Cair

Guru-guru PNS Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini sedang mempertanyakan Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang tak kunjung juga cair.

TPG adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Besarnya setara dengan satu kali gaji pokok yang dibayarkan setiap tiga bulan. Sumber dana TPG berasal dari APBN yang ditransfer ke kas daerah.

Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jabar Iwan Hermawan menyebutkan, telah menerima banyak aduan terkait keterlambatan pencairan TPG ini. TPG untuk bulan Juli, Agustus, dan September, biasanya sudah cair selambat-lambatnya tak lewat dari Oktober.

“Tapi ini sudah 20 November belum ada kejelasan juga,” ujar Iwan dilansir laman Pikiran Rakyat.

Iwan menyampaikan, ia sudah pernah menanyakan perihal ini kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat. “Katanya pusat belum transfer ke kas daerah,” ungkapnya.

Tetapi, informasi dari para guru, TPG untuk guru di daerah lain sudah diterima. Misalnya guru-guru yang berada di bawah pemerintah kabupaten dan kota, seperti di Kabupaten Bandung Barat dan Cianjur. Guru-guru di Provinsi Banten juga sudah menerima pencairan.

FAGI Jabar berharap Pemprov Jabar tak lalai dalam memenuhi hak-hak guru. “Karena kami para guru sudah melaksanakan kewajiban-kewajiban yang diperintahkan oleh Pemprov Jabar,” kata

Iwan menjelaskan, besaran TPG sangat berarti bagi para guru. Itu sebabnya pencairan TPG sangat dinanti. Jika ketidakjelasan ini terus berlangsung, Iwan khawatir, kondisi ini dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga yang menawarkan pinjaman dengan bunga tinggi.

“Biasanya mereka menawarkan pinjaman dengan bunga tinggi. Sehingga nanti ketika cair dapatnya sudah tidak utuh lagi karena harus membayar bunga yang tinggi,” terangnya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika tidak memberikan tanggal pasti pencairan TPG itu. “Sedang dalam proses,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Harga Buncis dan Kacang Panjang Melambung Naik

Jum Nov 22 , 2019
Buncis dan juga kacang panjang sempat menghilang di pasaran selama satu hari. Tak adanya pasokan diduga menjadi penyebabnya. Sebagai dampak, harga kedua jenis sayuran ini melambung di Kota Cimahi. Ani (28), pedagang sayuran di Pasar Cimindi menyebutkan, bahwa pasokan buncis dan kacang panjang sempat tersendat selama satu pekan ini. Ia […]
%d blogger menyukai ini: