Bantuan Alsintan pada Kelompok Tani di Kabupaten Bandung

Ketua Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal telah menyalurkan bantuan ratusan unit alat mesin pertanian (alsintan) dari berbagai jenis kepada kelompok tani di Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Cucun menyalurkan 30 unit traktor roda dua, 60 unit mesin pompa air, 9 unit traktor roda empat dan 10 unit kultivator kepada 109 kelompok tani yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, anggota DPR RI/MPR RI ini menyalurkan ratusan unit alsintan kepada para petani di wilayan daerah pemilihan Jawa Barat II tersebut. Penyerahan alsintan itu bersamaan dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Graha Alif Jalan Sastra Desa Solokanjeruk Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, yang dihadiri 500 warga dan di antaranya kelompok tani.

Para kelompok tani diberikan pemahaman tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Cucun menyalurkan bantuan alsintan tersebut sebagai bagian dari amanah dan perjuangannya, setelah mendengar aspirasi masyarakat.

Ia menyampaikan, untuk mengoptimalkan penyaluran alsintan itu, mengingat Kabupaten Bandung merupakan salah satu lumbung pertanian di Jabar.

“Pertanian betul-betul menjadi andalan, dengan harapan bisa menjadi lumbung pangan di Asia Tenggara dan Asia, bahkan di dunia dengan ditopang dari hasil pertanian,” ucapnya.

Cucun berharap, dengan adanya penyaluran bantuan alsintan tersebut, bisa menekan biaya pengolahan dan produksi pertanian tak lagi mahal.

Ia menambahkan, dengan adanya penyerahan bantuan alsintan ini semoga dapat merangsang para petani milenial untuk tertarik pada bidang pertanian.

“Disaat mereka enggan untuk nyangkul di ladang atau di lahan pertanian, dengan adanya fasilitas traktor roda empat dan roda dua bisa tertarik dalam bidang pertanian,” ungkapnya.

Dengan bantuan alsintan ini, ia mengatakan, para petani bisa berhitung biaya produksi pertanian. Yang semula tinggi biayanya, akhirnya biayanya bisa dikurangi karena tidak tinggi lagi. Kelompok para petani tersebut tersebar di perdesaan dan pegunungan.

Legislator pun mengaku prihatin ketika jiwa gotong royong di negara ini sudah mulai berkurang. Cucun ingin, tak ada lagi diskriminasi dalam penyaluran bantuan untuk pemerataan dalam pembangunan di daerah maupun perdesaan.

“Membangun Indonesia itu dari desa, di antaranya melalui transfer dana desa,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berbagai Inovasi Teknologi di Bandung Iconic 2019

Ming Des 1 , 2019
Pemkot Bandung saat ini tengah merangsang masyarakat untuk melahirkan produk-produk inovasi berbasis teknologi. Hal ini dilakukan agar warga mampu bersaing di tengah derasnya laju teknologi. “Jadi memang kami ingin kemajuan teknologi ini di mana harus dimanfaatkan sebesar besarnya dan sebanyak banyaknya untuk tetap melayani publik semakin cepat, semakin baik, semakin […]
%d blogger menyukai ini: