Alasan Saat Suhu Dingin Tubuh Mudah Jatuh Sakit

Pakar kesehatan menuturkan bahwa di musim hujan kita biasanya diminta untuk memperbanyak makanan sehat atau mengonsumsi suplemen. Tujuannya adalah agar kita tidak mudah jatuh sakit.

Ternyata, penyebab dari mudahnya kita jatuh sakit saat suhu udara cenderung lebih rendah atau musim hujan adalah cahaya matahari yang lebih jarang muncul karena tertutup oleh awan mendung. Hal tersebut ternyata akan membuat kita tidak mendapatkan asupan vitamin D dengan cukup. Padahal, vitamin D memiliki pengaruh sangat besar bagi sistem kekebalan tubuh. Jika sampai sistem imun melemah, maka kita tentu akan lebih mudah jatuh sakit.

Tak hanya itu, saat suhu udara lebih dingin, beberapa jenis virus ternyata bisa menjadi lebih aktif. Salah satunya adalah virus rhinovirus yang bisa memicu pilek. Karena alasan ini pulalah kasus pilek cenderung meningkat tajam saat musim hujan.

Berdasarkan penelitian yang diunggah oleh National Center for Biotechnology Information(NCBI) dan dilakukan pada 2016 lalu, disebutkan bahwa suhu udara bisa memberikan pengaruh pada respons sistem imun tubuh kita. Dalam penelitian ini, ditemukan fakta bahwa suhu udara dan kelembapan yang lebih rendah dalam waktu tiga hari berturut-turut sudah mampu membuat rhinovirus memasuki tubuh dengan mudah.

Saat sedang musim dingin, ada baiknya kita memperbanyak minum air putih, makan makanan yang sehat, tidur cukup setiap malam, hindari rokok dan alkohol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

4 Manfaat Mengganti Kopi dengan Teh Hijau

Rab Des 4 , 2019
Pakar kesehatan menyebutkan ternyata ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika mulai mengganti asupan kopi dengan teh hijau. Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi teh hijau. Mengonsumsi Kafein Lebih Rendah Sebaiknya Anda bisa membedakan teh hijau dengan matcha terlebih dahulu. Matcha adalah teh hijau yang […]
%d blogger menyukai ini: