Benarkah Stres Ada Manfaatnya?

Pakar kesehatan Kathleen Gunthert dari American University melakukan sebuah penelitian guna mengetahui bagaimana dampak dari stres bagi kesehatan. Ia membagi stres menjadi dua jenis, yakni distress yang merupakan stres negatif layaknya saat kita sedang patah hati dan eustress yang merupakan stres positif seperti semangat saat melakukan pekerjaan atau hal-hal yang baru.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Psychoneuroendocrinology ini, disebutkan bahwa ternyaya stres ringan termasuk dalam jenis eustress bisa memberikan perlindungan bagi kesehatan karena bisa mencegah kerusakan oksidatif yang bisa memicu penuaan atau datangnya penyakit. Bahkan, stres akibat deadline pekerjaan bisa membantu kita menjadi lebih fokus dan lebih bersemangat untuk menyelesaikannya.

Stres juga bisa membantu kita seperti memaksakan diri untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Hal ini bisa menambah rasa percaya diri.

“Dengan memiliki pengalaman dan rasa percaya diri, maka kita akan merasa lebih aman dan mampu mengendalikan berbagai macam hal dan situasi,” ujar Peter Vitaliano yang berasal dari School of Medicine University of Washington.

Kita pun bisa menjadikan stres sebagai tantangan untuk mengatasi ketakutan. Hal tersebut bisa membantu kita belajar untuk mengatasi masalah, bukannya menghindarinya. Jika kita sudah berhasil mengatasi satu kekhawatiran atau ketakutan tertentu, kita akan lebih tenang dan percaya diri untuk menghadapi hal yang sama di kemudian hari.

Stres ternyata bisa membuat hubungan antar manusia meningkat, apalagi jika kita mau saling berbicara dengan orang lain untuk mencurahkan perasaan atau pikiran yang terkait dengan stres. Dengan sering bersosialisasi, maka kita akan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Meskipun demikian, bukan berarti untuk membiarkan stres begitu saja. Pastikan tetap bisa mengendalikannya demi mencegah efek buruk bagi kesehatan psikis dan juga fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Madrasah di Batujajar Bandung Barat Terbakar

Sen Des 9 , 2019
Kebakaran hancurkan tiga ruang kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudotutta’lim atau MI Batujajar di Jalan Raya Barat, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, pada Minggu (8/12/2019) sore. Separuh bangunan di lantai dua rusak dan perabotan di dalam kelas ludes terbakar. Cucu Sandayani, lpetugas Damkar Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebutkan, […]
%d blogger menyukai ini: