Buah yang Aman dan Membantu Meringankan Gejala Diare

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. Salah satu yang harus dihindari ketika diare adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Umumnya buah memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga cenderung dihindari konsumsinya ketika diare.

Tak semua buah mengandung serat yang dapat memperburuk diare. Secara umum terdapat dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut baik untuk mengatasi sembelit, sedangkan serat larut dapat membantu mengatasi diare.

Serat larut dapat menyerap cairan berlebih pada usus sehingga dapat membuat feses yang sebelumnya cair menjadi lebih padat. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah ketika diare bukan hal yang dilarang, asalkan Anda memilih jenis buah yang tepat.

Tidak semua buah baik ketika dikonsumsi saat diare. Nah, berikut adalah beberapa buah aman untuk dikonsumsi ketika diare!

Pisang

Pisang sebagai buah untuk menghentikan diare sepertinya memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pisang termasuk ke dalam salah satu makanan dalam diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce, Toast) yang dipercaya dapat mengatasi diare. Makan dalam diet ini memiliki kandungan rendah protein, lemak, dan serat, sehingga dianggap mudah untuk dicerna.

Pisang juga memiliki kadar kalium tinggi juga dipercaya dapat membantu menggantikan nutrisi yang hilang karena diare.

Apel

Buah yang baik untuk diare yakni buah apel. Sama seperti pisang, apel juga merupakan bagian dari diet BRAT.

Apel mengandung pektin yaitu sejenis serat larut yang dapat membantu mengatasi diare. Apabila ingin mengonsumsi apel untuk meredakan diare, sebaiknya konsumsi apel yang dikupas kulitnya. Pasalnya, kulit apel memiliki lebih banyak serat tidak larut yang dapat memperburuk diare.

Mangga

Mangga termasuk ke dalam buah yang memiliki kandungan serat larut sehingga dapat menjadi buah yang bagus untuk diare.

Konsumsi 200 kalori mangga dapat memenuhi kebutuhan serat sekitar 22% dari kebutuhan serat harian. Meski buah mangga masuk ke dalam daftar buah untuk diare karena memiliki kandungan serat larut. Namun, sebaiknya tidak mengonsumsi mangga secara berlebihan saat diare.

Serat larut dalam mangga berjumlah sekitar 61% dan 39% sisanya merupakan serat tidak larut. Sehingga buah mangga masih dapat menjadi buah yang tak baik untuk diare apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Benarkah Stres Ada Manfaatnya?

Ming Des 8 , 2019
Pakar kesehatan Kathleen Gunthert dari American University melakukan sebuah penelitian guna mengetahui bagaimana dampak dari stres bagi kesehatan. Ia membagi stres menjadi dua jenis, yakni distress yang merupakan stres negatif layaknya saat kita sedang patah hati dan eustress yang merupakan stres positif seperti semangat saat melakukan pekerjaan atau hal-hal yang […]
%d blogger menyukai ini: