BMKG Imbau Masyarakat untuk Waspada Aktivitas Seismik

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tengah mengimbau masyarakat untuk menyiapkan diri dan mewaspadai aktivitas seismik yang dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Hampir di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Kalimantan dan Sumatera bagian timur, itu kita lihat aktivitas seismiknya memang terjadi. Artinya kita masih perlu waspada,” ucap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Kantor BMKG Jakarta, Selasa (7/1/2020) kemarin.

BMKG menekankan perlunya upaya antisipasi dan mitigasi untuk menghadapi kemungkinan gempa yang dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, berdasarkan rekaman data terakhir BMKG selama beberapa tahun terakhir hingga 2019, zona-zona yang aktivitasnya semakin meningkat adalah di Nias, Lombok, Sumba, Banda, Ambon, Memberamo dan Maluku Utara.

“Artinya kita perlu makin meningkatkan kesiapan baik berupa kesiapan diri dalam menolong diri sendiri, yang disiapkan sebelum kejadian gempa, pada saat gempa, terutama itu yang harus dilakukan sebelumnya,” ucapnya.

BMKG pun menyarankan masyarakat untuk memastikan apakah bentuk bangunan rumah atau bangunan sudah sesuai dengan kaidah tahan atau aman dari gempa.

Tak hanya itu, BMKG juga menyarankan kesiapan secara mandiri apakah di rumah-rumah warga sudah ada tempat-tempat perlindungan sementara, misalnya dengan berlindung di bawah meja yang kokoh atau tempat perlindungan yang aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prakiraan Cuaca 9 Januari 2020, Waspadai Potensi Hujan Petir

Kam Jan 9 , 2020
Kota Bandung dan sekitarnya diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan diselingi petir pada siang hingga sore hari. Hujan petir tersebut akan terjadi sekitar pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan suhu udara mencapai 27-30 derajat celcius. Dikutiip dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisiska (BMKG), prakiraan cuaca […]
%d blogger menyukai ini: