Curah Hujan Diprediksi Akan Tinggi pada Februari, Kota Bandung Mulai Siaga

Badai Claudia di Australia menyebabkan curah hujan di Kota Bandung menurun. Namun, diperkirakan pada bulan Februari 2020 mendatang intensitas hujan akan kembali meningkat. Maka sebab itu, warga Kota Bandung harus siaga bencana, terutama bencana banjir dan tanah longsor.

Polrestabes Bandung, Kodim 0618/BS, Dinas PU Kota Bandung, BMKG dan BBWS mengadakan rapat terpadu. Rapat itu sebagai cara agar instansi-instansi yang saling terkait ini siap siaga dalam menghadapi ancaman bencana.

Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Irman Sugema menyebutkan ada beberapa daerah yang rawan banjir di Kota Bandung. Tak hanya, banjir ada juga daerah yang rawan longsor saat musim penghujan tiba terutama di wilayah Utara.

Menurutnya, daerah rawan banjir ini adalah‎ di wilayah Pagarsih, Gedebage, Pasteur, Rancasari, dan wilayah Cicaheum terutama di daerah Padasuka. Banjir di wilayah-wilayah ini sebenarnya surut dengan cepat, tetapi harus tetap diwaspadai karena dikhawatirkan bisa juga menelan korban jiwa.

Irman menuturkan, pada penanganan bencana di Kota Bandung ini akan dibantu pula oleh Sat Brimob Polda Jabar. Seperti diketahui, lanjut dia, dua pertiga kekuatan Sat Brimob Polda Jabar sudah disiapkan dalam penanganan bencana di Jabar.

Tak hanya itu kata Irman koordinasi juga sudah dilakukan dengan wilayah-wilayah sekitar Kota Bandung. Semisal Cimahi, KBB dan Kabupaten Bandung. “Kita ini berada di hilir di situlah pentingnya koordinasi dari daerah-daerah sekitar,” ungkapnya.

Kepala Seksi Perencanaan Sumber Daya Air di Dinas PU Kota Bandung, R. Deni Saputra menambahkan, Dinas PU tak akan tinggal diam. Menurutnya, sejumlah alat sudah disiapkan Dinas PU dalam penanganan banjir tersebut semisal pompa portable.

Dinas PU ucap Asep, sudah menyiapkan kirmir-kirmir di daerah yang rawan longsor. Tetapi, pengerjaannya baru saja akan dilakukan setelah longsor kering agar aktivitas masyarakat bisa berjalan kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prakiraan Cuaca: 16 Januari 2020, Waspada Hujan Disertai Petir

Kam Jan 16 , 2020
Prakiraan cuaca Kamis, 16 Januari 2020. Pagi pukul 07.00 WIB Kota Bandung diprakirakan akan diguyur hujan lokal dengan suhu udara 24 derajat celcius. Kelembapan udara berada pada angka 75 persen pada pukul dengan kecepatan angin 10 km/jam dari arah barat. Pukul 10.00 WIB cuaca Kota Bandung diprakirakan akan cerah berawan. Suhu udara […]
%d blogger menyukai ini: