Pemkot Pastikan Sunda Empire Bukan Dari Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung tengah memastikan bahwa kelompok Sunda Empire-Earth Empire bukan berasal dari Bandung. Meski begitu, Pemkot Bandung tak menampik berbagai kegiatan mereka dilakukan di Bandung. 

“Kami telah melakukan penelusuran secara administratif serta jaringan yang dimiliki khususnya di Forkopimda dan Kominda. Saya jelaskan antara lain perlu digaris bawahi, secara administrasi organisasi tersebut tidak tercatat di Kesbangpol Kota Bandung, karena dari sisi prosedural juga mereka tidak ada mendaftarkan ke kami,” ungjap Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat, Kesbangpol Kota Bandung, Inci Dermaga kepada wartawan di Bandung.

Menurutnya, berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh pihaknya, Sunda Empire justru terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Subang. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemda Subang. 

“Kami telusuri organisasi itu jelas tidak terdaftar di Kota Bandung. Jadi sudah jelas ditegaskan bukan berasal di Kota Bandung, tetapi kemungkinan di luar Kota Bandung dan dari informasi yang kami dapatkan kemungkinan di daerah Subang. Kita juga sedang telusuri, koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang. Kami sudah lakukan komunikasi melalui telepon dan belum mendapatkan jawaban karena mereka (Kesbangpol Subang) juga masih mengecek,” ujarnya.

Inci tak menampik bila mereka kerap melakukan kegiatan di Bandung. Berdasarkan penelusurannya, Sunda Empire melakukan kegiatan di Bandung pada tahun 2017 dan 2018. 

“Jadi bahwa betul kegiatan mereka ini dilakukan beberapa tahun ke belakang dari tahun 2017, 2018 dan muncul viral saat ini, di Facebook pertama kali. Setelah kami telusuri bahwa organisasi tersebut betul melakukan kegiatan di salah satu hotel resort di dekat UPI dan secara prinsip tentunya yang kami dapatkan bahwa kegiatan mereka juga telah diawasi dan ditindak oleh instansi yang berwenang, antara lain misalnya penelusuran atau penyelidikan seragam yang digunakan telah ditindak oleh instansi yang berwenang, ada Kodam, Denintel dan lain yang berwenang,” lanjutnya.

“Secara hukum sebetulnya kita juga telah melakukan aksi melalui instansi yang berwenang dan itu sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Hanya mungkin saat ini dimunculkan kembali dan viral,” ucap Inci menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prakiraan Cuaca: 20 Januari 2020, Bandung Cerah Berawan

Sen Jan 20 , 2020
Prakiraan cuaca di wilayah Bandung dan sekitarnya Senin, 20 Januari 2020. Pagi hari ini cuaca di wilayah Bandung diprakirakan akan cerah berawan dengan suhu rata-rata 25 derajat Celsius. Dengan kecepatan angin yang berhembus dari barat berada pada angka 10 km/jam dan kelembapan mencapai 75 persen. Pukul 10.00 WIB cuaca di wilayah Bandung cerah berawan, terjadi kenaikan suhu pada 29 […]
%d blogger menyukai ini: