MUI Bandung Keluarkan Fatwa Normalisasi Fungsi Masjid Pengungsi Penggusuran Proyek Rumah Deret Tamansari

Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung telah mengeluarkan surat edaran yang isinya berupa pemungsian kembali masjid sebagai tempat ibadah.

Menurut penjelasan MUI Kota Bandung atau disebut juga fatwa tentang normalisasi kembali fungsi masjid agar menjadi tempat ibadah didasari oleh penyalahgunaan yang dilakukan oleh warga penggusuran di RW 11 Tamansari.

Korban penggusuran yang tak bersedia pindah akhirnya menempati Masjid Al-Islam di RW 11 Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Mereka mendiami Masjid Al Islam yang merupakan korban penggusuran dari program pemerintah mengenai rumah deret Tamansari pasca pembongkaran yang dilakukan pada Kamis, 12 November 2019.

Setelah pembongkaran tersebut, tak ada satu pun rumah warga yang tersisa di RW 11 Tamansari. Sebagian warga telah pindah namun tidak sedikit juga yang akhirnya mendiami satu-satunya bangunan yang tersisa di RW tersebut yaitu Masjid Al-Islam.

Warga yang terdiri dari orang tua hingga anak kecil tersebut tinggal di lantai 2 Masjid Al-Islam selama dua bulan lebih dengan hanya beralaskan kasur dan karpet masjid yang masih dapat digunakan.

Warga juga memanfaatkan lantai 2 masjidsebagai tempat untuk istirahat dan menyimpan barang. Selain itu, terdapat juga tenda pengungsian di sekitar masjid dan dapur umum darurat.

Sementara untuk lantai 1 tetap dapat dimanfaatkan untuk ibadah seperti biasanya.

Terdapat surat edaran yang ditujukan kepada seluruh Ketua Dewan Keluarga Masjid (DKM) se-Kecamatan Bandung Wetan. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa keluarnya fatwa didasari oleh permohonan masyarakat.

Surat ini dikeluarkan pada tanggal 15 Januari 2020 dan telah dibagikan kepada seluruh Ketua DKM pada tanggal 16 Januari 2020.

Ketua MUI Kecamatan Bandung Wetan, Udja Surdja mengungkapkan fatwa tersebut berisi tidak bolehnya menggunakan masjid untuk tidur, bermain, dan menyimpan barang-barang. Menurutnya, masjid harus digunakan sesuai fatwa MUI Kota Bandung.

Udja menyebutkan sudah bertemu dengan beberapa orang terdampak di Masjid Al Islam tersebut dan diharapkan dalam sepekan ke depan masjid bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Keluarnya fatwa dari MUI setempat ini pun menuai beragam komentar, salah satunya terlihat dari akun @lexicorpora yang mengharapkan pengurus MUI dapat melihat langsung kondisi di lapangan.

Enggak habis pikir MUI bakal ngeluarin fatwa ini. Mungkin pengurus MUI perlu lihat langsung kondisi di sana kaya apa. 15 Desember lalu gua ke sana, ngedrop beberapa titipan bantuan,” tulis akun Twitter @lexicorpora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prakiraan Cuaca: 22 Januari 2020, Cuaca Ekstrem Wilayah Kota Bandung

Rab Jan 22 , 2020
Bandung raya hari ini, Rabu, 22 Januari 2020 di prakirakan akan mengalami hujan deras disertai dengan petir yang akan berlangsung sejak sore hingga malam hari. BMKG Jawa Barat dari Stasiun Klimatologi Bogor sebelumnya telah menyampaikan sebagian besar Kota dan Kabupaten di Jawa Barat akan dilanda cuaca ekstrem yang dimulai dari tanggal 21 hingga […]
%d blogger menyukai ini: