Honorer Dapat Hak Jaminan Kecelakaan Kerja dari Taspen

Selain pegawai Negeri Sipil yang mendapat hak jaminan kecelakaan kerja, pegawai Non-PNS tentu saja memiliki hak yang sama. 

Taspen sebagai perusahaan yang menyelenggarakan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) telah menyerahkan manfaat Jaminan Kecelakan Kerja kepada ahli waris dari Pipit Rusmana Pegawai Non-PNS atau yang dikenal dengan Tenaga Harian Lepas yang bekerja di Dinas Komunikasi, Informatika Kearsipan Dan Perpustakaan Pemerintah Daerah Kota Cimahi senilai Rp 268.750.000.

Bapak Ajay Muhammad Priatna selaku Walikota Cimahi dan Bapak I Gde Agus Adi Sucipto selaku Branch Manager TaspenKantor Cabang Utama Bandung, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Senin, 27 Januari 2020 telah memberikan manfaat tersebut. 

Pipit Rusmana meninggal dunia pada hari selasa tanggal 14 Januari 2020 pada saat yang bersangkutan pergi untuk melaksanakan tugas menuju Dispusipda Provinsi Jawa Barat.

Tiba-tiba Pipit Rusmana tak sadarkan diri dan langsung dilarikan ke RSUD Cibabat Cimahi untuk diberikan pertolongan, namun Pipit dinyatakan meninggal dunia. 

I Gde Agus menyebutkan, meninggalnya Pipit Rusmana ini termasuk dalam kategori meninggal pada saat melaksanakan tugas dan menjadi tanggungan Taspen selaku pengelola program. 

Dikarenakan meninggal dunia saat melaksanakan tugas maka ahli waris yang bersangkutan berhak menerima manfaat Asuransi Jaminan Kecelakaan Kerja dengan total manfaat sebesar Rp. 268.750.000, yang terdiri dari Santunan Kematian Kerja sebesar Rp. 150.000.000, Uang Duka Tewas sebesar Rp. 18.750.000, Biaya Pemakaman sebesar Rp. 10.000.000, dan beasiswa kepada kedua orang anak sebesar Rp. 90.000.000.

I Gde menyampaikan, kepesertaan Pegawai Non-PNS atau Tenaga Harian Lepas didasarkan Peraturan Pemerintah No 49 Tahun 2019, dimana Pegawai Non-PNS wajib diberikan perlindungan berupa manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian sebagaimana berlaku bagi PPPK, amanat penyelenggaraan kedua program jaminan tersebut telah diberikan kepada PT Taspen (Persero) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2017.

Tak hanya program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi pegawai Non-PNS, TASPEN juga diberi amanat oleh pemerintah menjadi Penyelenggara Program Pensiun, Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi Pegawai Negeri Sipil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hujan Deras, Rumah dan Masjid Tertimpa Benteng Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Rab Jan 29 , 2020
Hujan yang cukup deras membuat benteng pembatas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi ambruk di Jalan Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi, Selasa 28 Januari 2020 petang. Terlihat longsoran tanah menimpa bangunan di permukiman warga. Benteng yang berdiri di atas tebing setinggi 10 meter itu ambruk menimpa masjid Ar-Rahman di Kampung Kebon Manggu RT 4 RW […]
%d blogger menyukai ini: