Harga Bawang Putih di Pasar Tradisional Jawa Barat Tembus Hingga Rp 60 Ribu Per Kg

Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Jabar hingga kini terus meroket. Kenaikan tersebut mencapai 200 persen dari harga normal.

Seperti di Pasar Jatinangor, Sumedang. Harga normal Rp 28 ribu menjadi Rp 60 ribu.

Engkus, salah saorang pedagang di Pasar Jatinangor, menyebutkan jika kenaikan harga bawang putih terjadi sejak dua pekan lalu, semenjak wabah virus Corona muncul.

Ia mengaku, pembelinya mengeluhkan harga bawang yang meroket itu sehingga jumlahnya berkurang. “Konsumen sedikit berkurang 20 persen. Yang biasa (beli) setengah kilo jadi seperempat, yang beli seperempat jadi 1 ons,” ucap Engkus.


Hal yang sama pun dikeluhkan pedagang di Kabupaten Karawang. Di Pasar Cikampek, harga bawang putih naik seratus persen. “Naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilo,” ungkap Sri Mulyati (28), pedagang di Pasar Cikampek.

Kenaikan harga bawang pun terjadi di Pasar Baru, Karawang. Sudah sepekan, bawang putih mencapai Rp 55 ribu per kg. Disinyalir, penyebab kenaikan harga adalah stok bawang putih yang langka. 

Menurut Kadarisman, kenaikan bawang tak diikuti oleh komoditas lainnya. Sejumlah bumbu dan bahan pokok lain tak begitu meroket. 

Kadarisman mengatakan bahwa harga bawang merah Rp 30 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp 75 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 57 ribu per kg, daging ayam Rp 32 ribu per kg, dan telur ayam Rp 24 ribu per kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prakiraan Cuaca 13 Februari 2020, Kota Bandung Berpotensi Hujan Lokal di Siang hingga Malam Hari

Kam Feb 13 , 2020
Prakiraan cuaca Kamis 13 Februari 2020. Pukul 07.00 WIB pagi dini hari, Kota Bandung diprakirakan akan cerah berawan dengan suhu udara 20 derajat celsius. Kelembapan udara berada pada angka 90 persen dengan kecepatan angin 10 km per jam dari arah barat. Pukul 10.00 WIB cuaca Kota Bandung diprakirakan akan cerah […]
%d blogger menyukai ini: