Warga Khawatirkan Rencana Pembangunan Waterboom di Gunung Batu Lembang

Deretan seng dengan papan penanda bertulis ‘Mohon Maaf! Untuk Sementara Waktu Lokasi Ini Ditutup Untuk Umum Karena Dalam Penataan’ memagari lahan kosong di Kawasan Gunung Batu, Kampung Suka Tinggal, RT 1 RW 2, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Menurut informasi, kawasan tersebut bakal segera dibangun wahana taman bermain air atau waterboom. Padahal Gunung Batu merupakan zona merah Sesar Lembang.

Ketua RW 02 Desa Pagerwangi, Wawan, membenarkan jika lokasi itu akan dijadikan waterboom. Tetapi, warga setempat belum mendapatkan sosialisasi terkait pembangunan wahana wisata tersebut.

“Pengembang atau pemerintah belum ada sosialisasi. Jadi warga dan pengurus RT/RW menolak rencana pembangunan itu,” kata Wawan.

Warga khawatir akan terkena dampak dari proses pembangunan waterboom tersebut, pasalnya kawasan yang akan digunakan merupakan KBU yang masuk pada zona merah pembangunan serta masuk zona Sesar Lembang yang berpotensi menimbulkan gempa besar.

Wawan menuyurkan, jika ada rencana pembangunan tempat wisata di kawasan yang rawan bencana seperti KBU dan zona sesar Lembang harus ada sosialisasi dulu terkait dampaknya bagi warga sekitar.

Kepala Desa Pagerwangi Agus Ruhdiyat mengaku belum mengetahui terkait adanya pembangunan waterboom di lokasi tersebut. Sampai saat ini belum ada pengajuan izin terkait pembangunan wisata air tersebut kepada pihak desa.

“Tidak pernah ada izin ke desa, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maupun izin yang lainnya. Semuanya tidak ada,” ucapnya.

Pihaknya pun akan dengan tegas menolak terkait adanya pembangunan waterboom itu dan akan mengikuti keinginan warga yang juga melakukan penolakan karena lahannya masuk zona rawan bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hujan Deras, Sejumlah Lokasi di Sukabumi Diterjang Longsor

Sen Feb 17 , 2020
Hujan deras terus mengguyur Sukabumi sejak pagi hingga Minggu (16/2/2020) menjelang sore, hal tersebut mengakibatkan terjadinya bencana alam di beberapa tempat.  “Ada beberapa titik kejadian bencana hari ini, di Kampung Cikiray, Dusun Cibongbon Desa Sirnaresmi telah terjadi longsor yang mengakibatkan satu rumah warga tertimbun. Untuk korban jiwa dan kerugian belum […]
%d blogger menyukai ini: