Satu Juta Pohon Ditanam di Sepanjang Sungai Citarum

Sebanyak satu juta pohon rencananya akan ditanam di sepanjang Sungai Citarum oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum. Kegiatan ini sebagai upaya untuk memulihkan lahan kirits di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Menurut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, luas lahan kritis yang terdapat di dalam area DAS Citarummencapai 15.000 hektar. Sedangkan, luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64.000 hektar.

“Untuk mengatasinya, sepanjang 2019 kami telah menanam hingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis. Sekarang yang siap tanam ada sekitar 1 juta pohon. Diutamakan (lahan kritis) yang ada di dalam kawasan dulu,” ucap Tri.

Tri menyebutkan target penanaman sejuta pohon telah dimulai sejak awal tahun ini. Untuk jenis pohon yang ditanam mulai dari pohon keras hingga kopi.

Tak hanya memulihkan lahan kritis, proses penindakan bagi industri yang membuang limbah ke Sungai Citarum bakal intens dilakukan. Ia juga tak segan menyeret para pembuang limbah ke meja hijau.

“Kalau pabrik yang buang limbah yang belum diolah akan kami peringatkan sebanyak tiga kali. Kami juga akan lebih tegas, perusahaan yang melanggar bisa dimejahijaukan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Persib Vs PSS Berpeluang Gelar Pertandingan di Stadion GBLA

Rab Mar 11 , 2020
Persib Bandung memiliki peluang menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat menjamu PSS Sleman dalam lanjutan pertandingan pekan ketiga Liga 1 2020. Operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), menyatakan bahwa stasion berkapasitas 38.000 kursi itu laik digunakan untuk menggelar pertandingan selevel kompetisi strata utama sepak bola Indonesia. Hal ini disampaikan […]
%d blogger menyukai ini: