Tangani Corona, Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp 500 M

Pemprov Jabar kembali melakukan refocusing dan relokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19). Dana tersebut, tak hanya untuk menanggulangi isu kesehatan, juga untuk mengatasi isu ekonomi yang muncul akibat wabah.

Hal ini dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, pada Selasa (24/3/20).

Menurutnya, dana ratusan miliar tersebut akan didapatkan salah satunya dari alokasi perjalanan dinas. “Sesuai arahan presiden, agar daerah segera melakukan analisa, untuk melakukan pergeseran mana yang dilakukan untuk menguatkan dana kedaruratan. Antara lain dari dana perjalanan dinas untuk dipangkas dan digeser, lalu anggaran lain yang tidak prioritas,” ungkap Emil.

Emil menyebutkan, jokowi memberikan kemudahan finansial bagi warga yang terdampak Corona secara ekonomi, di antaranya melalui penangguhan cicilan hingga satu tahun, bunga diturunkan, kartu sembako ditambah Rp 50 ribu.

Di tahap pertama, Pemprov Jabar juga melakukan pergeseran alokasi anggaran sebesar Rp 48 miliar. Dana tersebut dialokasikan guna memberikan sekitar 20 ribu alat pelindung diri (APD), 20 ribu alat rapid testdan penambahan fasilitas di berbagai rumah sakit rujukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Para Relawan Peduli Virus Corona Semprotkan Disinfektan untuk Warga Cimenyan Bandung

Kam Mar 26 , 2020
Sejumlah relawan dari Dezan’s Community Care to People (DCCP) turun langsung guna membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mereka pun melakukan penyemprotan disinfektan sekaligus memberi pemahaman kepada masyarakat terkait cara-cara pencegahan Covid-19 di Kampung Sinom, Desa Mandala Mekar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Koordinator DCCP Asep Suandana menyeburkan, ia dan juga rekan-rekannya tergerak […]
%d blogger menyukai ini: