DBD Merebak di Tengah Pandemi Covid-19

Ada sekitar 486 kasus demam berdarah dengue yang terjadi di Kabupaten Bandung Barat sejak Januari-April 2020. Ratusan warga yang terjangkit DBD berada pada rentang usia 15-44 tahun.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Dewi Murniati menyebutkan, ada ratusan warga yang terjangkit DBD terdiri atas 247 laki-laki dan 239 perempuan. Data ini diperoleh dari sejumlah puskesmas dan rumah sakit di KBB.

Ia menyebutkan, adanya kasus DBD tersebut karena sejak Januari hingga saat ini masih masuk pada musim hujan. Akibatnya, kerap terjadi genangan air di lingkungan rumah mereka hingga menyebabkan nyamuk Aedes Aegypi berkembang biak.

Pihaknya pun saat ini telah melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dilakukan kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik), termasuk mengadakan pelatihan pencegahan DBD untuk para kader tersebut.

Supaya DBD tak mewabah, pihaknya kini terus mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan kondisi disekitar rumah dan tidak membiarkan genangan air, terutama di dalam rumah. Tak hanya itu, masyarakat juga harus menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PSBB di Bandung Raya Dimulai Rabu 22 April 2020

Sab Apr 18 , 2020
Keputusan Menteri Kesehatan RI mengenai adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang. Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah menyatakan, PSBB di Bandung Raya akan dimulai pada Rabu 22 April 2020, pukul 00:00 WIB selama 14 hari. Sosialisasi akan dilakukan Pemda Provinsi Jabar dan […]
%d blogger menyukai ini: