Perbaikan Sungai Citarum Sudah di Atas 25 Persen

Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi menyampaikan progres perbaikan DAS Citarum melalui program Citarum Harum sudah di atas 25 persen.

Kegiatan ini diharapkan bisa berkontribusi pada peningkatan kualitas dan daya dukung lingkungan.

Itulah yang diungkapkannya di sela-sela kunjungan ke Posko Satgas Citarum Harum Sektor 21 di kompleks Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Kota Cimahi Kp. Cimenteng Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi,Jawa Barat, Rabu, 17 Juni 2020.

Menurutnya, indikator peningkatan progres program Citarum Harum saat ini kualitas air di sungai terpanjang di Jawa Barat sudah semakin membaik.

Hal tersebut terlihat dari berkurangnya pencemaran akibat  limbah industri dan rumah tangga.

Menurut data Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum terdapat 77.037 hektare lahan kritis di DAS Citarum hulu. Dari luas tersebut, 61.681 hektare lahan kritis milik masyarakat.

Pihaknya pun mengapresiasi Posko Satgas Citarum Harum Sektor 21. Selain terdapat bangunan posko, area sekitar juga dijadikan tempat penanaman pohon keras untuk menambah penghijauan Kota Cimahi.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, dengan adanya dorongan program Citarum Harum saat ini kalangan industri di Kota Cimahi sudah cukup disiplin dalam melakukan pengolahan dan pembuangan limbah.

“Untuk program Citarum Harum, memang di Cimahi industri cukup banyak dan sebelumnya jadi sorotan karena turut berkontribusi dalam pencemaran dan kerusakan Singai Citarum. Tapi kita terus edukasi industri biar mengelola limbah dengan lebih baik,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Salat Jumat Perdana, Masjid Agung Kota Cimahi Dipenuhi Jamaah

Jum Jun 19 , 2020
Pelaksanaan salat Jumat perdana digelar setelah ditutupnya selama pandemi Covid-19, Masjid Agung Kota Cimahi di Jalan Amir Mahmud dipenuhi jamaah, pada Jumat (19 Juni 2020) dini hari tadi. Aturan protokol kesehatan pun dilaksanakan dengan ketat. Menurut pantauan, para jemaah yang hendak masuk ke masjid langsung diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan […]
%d blogger menyukai ini: