QRIS bank bjb Digitalisasi Pembayaran Bandros dan TMB

Penerapan teknologi digital payment di berbagai lini transaksi akan menjadi sebuah keniscayaan di masa depan. Nantinya, model transaksi konvensional yang mengandalkan pertukaran uang tunai akan berganti dengan sistem cashless. Jalan menuju transaksi cashless secara menyeluruh ini tengah dirintis secara perlahan, di mana bank bjb sebagai salah satu lembaga keuangan nasional turut serta memainkan perannya untuk mentransformasi.

Beberapa langkah strategis telah dipacakkan perseroan, termasuk pembaruan secara kontinyu rumah aplikasi digital banking bjb DIGI. bank bjb juga sudah menerapkan teknologi transaksi mutakhir dalam rupa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Teknologi medium bayar melalui pemindaian barcode ini telah diperkenalkan dan digunakan secara luas oleh publik, lewat kerja sama dengan badan usaha atau merchant penyedia beragam kebutuhan dan layanan.

Teranyar, sebagai langkah penetrasi dan literasi digital payment yang lebih jauh, bank bjb juga telah mempersiapkan pengadopsian pembayaran via QRIS untuk diterapkan di fasilitas dan layanan publik, termasuk pada fasilitas transportasi andalan warga dan pelancong di Kota Bandung, yakni Trans Metro Bandung (TMB) dan Bandung Tour on Bus (Bandros).

Langkah ini dilakukan sebagai upaya perluasan jangkauan inovasi teknologi keuangan yang turut dipersembahkan bank bjb. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengenal dan mengetahui keberadaan serta manfaat QR Payment, diharapkan akan turut serta meningkatkan penggunaan terhadap alat transaksi masa depan ini.

“Dengan pengaplikasian QRIS, bank bjb hadir menawarkan solusi model pembayaran yang lebih mudah dan praktis bagi masyarakat. bank bjb juga akan terus mendorong proses transformasi digitalisasi layanan pemerintah dengan turut serta berkolaborasi dalam berbagai program dan layanan untuk menciptakan ekosistem yang lebih ranah digital di berbagai lini,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Bandros dan TMB dipilih sebagai fasilitas percontohan lantaran keduanya amat diandalkan sebagai sarana transportasi publik. Setiap harinya, ribuan warga menggunakan kedua angkutan massal ini untuk bepergian di berbagai tempat di Kota Bandung, sehingga penerapan pembayaran QRIS dapat efektif menjangkau khalayak lebih luas. QRIS dapat juga dilakukan untuk pembayaran uji KIR guna memperoleh kartu pintar Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe).

Pemberlakuan pembayaran via QRIS ini akan dilakukan secara bertahap. Diharapkan pada tahun 2021 seluruh bus TMB di lima koridor dengan jumlah total 50 bus dan 10 bus Bandros sudah menggunakan pembayaran QRIS, sehingga masyarakat dapat menerapkan pembayaran digital secara langsung.

Dengan perluasan layanan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal dan akrab dengan teknologi QRIS. QRIS adalah QR standar Bank Indonesia yang dapat digunakan untuk sarana pembayaran dari seluruh aplikasi pembayaran QR di Indonesia. Pembayaran melalui QRIS dapat dilakukan dengan memindai barcode yang disediakan penyedia layananan melalui aplikasi. Para nasabah bank bjb dapat mengakses QRIS ini melalui aplikasi uang elektronik bjb DigiCash.

Perluasan layanan ini dilakukan sebagai upaya diseminasi penggunaan teknologi QRIS kepada masyarakat. Kehadiran teknologi QRIS sebagai alat bayar canggih berbasis QR Code berstandar nasional dapat dimanfaatkan dalam berbagai lini dengan untuk kebutuhan transaksi yang lebih cepat dan praktis.

bank bjb juga akan terus memperkenalkan inovasi-inovasi teknologi terbarunya sebagai persembahan Tandamata kepada nasabah dan masyarakat, mendorong percepatan transformasi digitalisasi, sekaligus mewujudkan secara bertahap visi transformasi menuju terciptanya cashless society di masa depan. Ilustrasi pembayaran bus pariwisata keliling Kota bandung, Bandros, dapat menggunakan QRIS pada aplikasi bjb DigiCash. Selain untuk Bandros, QRIS bjb DigiCash juga dapat digunakan untuk pembayaran transaksi Trans Metro Bandung (TMB) dan uji KIR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

bank bjb Terapkan Sistem E-Procurement

Sen Feb 1 , 2021
BANDUNG – bank bjb bakal menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik E-Procurement untuk menjaring penyedia barang atau jasa pihak ketiga (vendor) bagi perusahaan. Penerapan sistem anyar ini bakal efektif diberlakukan pada 1 Februari 2021. Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan penerapan sistem E-Procurement ini merupakan bentuk implementasi […]
%d blogger menyukai ini: